• Minggu, 28 Mei 2023

Pilu, Bocah 7 Tahun di Karawang Jadi Pemulung Cuma Buat Beli Sepeda. Kang Jimmy: APBD Kemana?

- Minggu, 19 Februari 2023 | 19:01 WIB
Seorang bocah tujuh tahun asal Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang viral di media sosial usai videonya yang sedang memulung di sela libur sekolah beredar.
Seorang bocah tujuh tahun asal Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang viral di media sosial usai videonya yang sedang memulung di sela libur sekolah beredar.

MAHIDARA.COM, KARAWANG- Seorang bocah tujuh tahun asal Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang viral di media sosial usai videonya yang sedang memulung di sela libur sekolah beredar.

Anak tersebut diketahui bernama Raka, putra ke tujuh, dari tujuh bersaudara. Ia termasuk dari kalangan keluarga miskin di Karawang, orang tuanya yang juga seorang pemulung dan burub cuci membuat Raka hasil bekerja banting tulang sejak dini.

Rodin (62) sang ayah menceritakan, Raka putra bungsunya memang terlahir sebagai orang miskin, lantaran ia dan istrinya hidup dibawah garis kemiskinan. Oleh karenanya Raka dilatih untuk bisa mencukupi kebutuhannya seorang diri sejak dini.

"Saya cuma mulung, istri juga buruh cuci, kakak-kakak nya Raka tak ada yang sekolah taman SMP, semuanya sama. Sekarang tinggal 3 anak saya yang sekolah termasuk Raka, sedangkan kakak-kakaknya ada ada yang menganggur dan kuli bangunan," ujar Rodin saat ditemui di Desa Cilewo, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang, Minggu, 19 Februari 2023.

Baca Juga: Sepasang Paruh Baya Edarkan 1 Kilogram Ganja Untuk Pelajar dan Karyawan Pabrik  

Ia menuturkan, Kedua anaknya yang sudah bekerja, kini sudah berumah tangga dan tak lagi jadi beban keluarga sekaligus tak dapat menanggung beban keluarganya setelah berumah tangga.

"Yang 2 sudah menikah, mereka juga hidup terbatas dan belum mampu membantu kami, sisanya yang 2 menganggur, dan 3 orang lagi masih sekolah. Saya memang berusaha keras agar anak-bisa sekolah meskipun hanya taman SD," kata dia.

Menjalani hidup penuh keterbatasan ekonomi, membuat Rodin tak mampu berbuat banyak untuk menuruti permintaan anaknya. Ia hanya bisa mengajarkan anaknya untuk ikut berusaha mewujudkan keinginannya.

Baca Juga: Menilik Aturan dan Peran Pers Dalam Pembangunan dan Penyebar Informasi Publik Dari Masa ke Masa

"Raka kan mau sepeda, saya memang tak mampu membelikan. Terkadang uang jajan juga gak saya kasih, disitu saya mengajarkan Raka soal barang-barang bekas yang laku dijual, ternyata setelah tahu jenis barang bekas yang laku dijual dia malah ikut mulung. Saya mah gak nyuruh," imbuhnya.

Raka yang melihat teman sebanya memiliki sepeda lantas memulung, dengan harapan bisa membeli sepeda dengan uang yang dikumpulkan hasil memulungnya.

"Dia mulung itu paling dapat 15 kilogram, kalo diuangkan sekitar Rp15 ribu, jadi selama mulung memang gak pernah cukup beli sepeda karena uang itupun selalu ia pake jajan," ujar Rodin.

Baca Juga: Jualan Hewan Langka Hasil Perburuan Liar di Pegunungan Sanggabuana, Warga Bogor Diringkus Polisi

Mendapati kisah Raka yang viral, tokoh masyarakat Karawang yang juga mantan Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari atau yang kerap disapa Kang Jimmy, juga mengundang Raka dan ke rumahnya pada Minggu, 18 Februari 2023.

Halaman:

Editor: Mahidara 01

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keren! Jasa Tirta II Kini Punya 2 Kanwil Baru

Sabtu, 6 Mei 2023 | 19:17 WIB

Selama Sebulan, 17 Copet di Karawang Diringkus Polisi

Minggu, 26 Februari 2023 | 11:47 WIB

Terpopuler

X