• Rabu, 28 September 2022

Maling Gas Subsidi Rugikan Negara Rp 1,2 Miliar, 4 Bandit LPG di Karawang Diringkus Polisi

- Selasa, 13 September 2022 | 10:46 WIB
Barang bukti penyalahgunaan gas bersubsidi di Polres Karawang
Barang bukti penyalahgunaan gas bersubsidi di Polres Karawang

MAHIDARA.COM, KARAWANG - Polisi amankan pangakalan gas LPG bersubsidi 3 kilogram beserta pemilik dan para pegawai, diduga menyalahgunakan gas bersubsidi dengan cara pemindahan tabung.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono mengatakan, pihaknya mendapati beberapa orang yang diduga tengah melakukan pemindahan gas di pangkalan yang berlokasi di Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, pada 6 September 2022 lalu.

"Atas laporan dari masyarakat, kami dapati beberapa orang di sebuah pangkalan gas yang tengah melakukan pemindahan gas bersubsidi 3 kilogram ke tabung 12 kilogram," ujar Kapolres dalam sesi wawancara bersama awak media di Mapolres Karawang, Senin, 12 September 2022.

Baca Juga: Dijuluki Caffe Muslimah, Tempat Ini Cocok Untuk Nongkrong Malam Mingguan Kaum Hawa di Karawan

Ia menuturkan, pelaku sudah menjalankan aksinya sudah 10 bulan sejak tahun 2021 lalu, Polres Karawang sudah mengamankan para pelaku yakni, berinisial EP dan EK sebagai karyawan di pangakalan tersebut, lalu SG sebagai pemilik pangkalan, dan B selaku penadah gas bersubsidi.

"Dari TKP (tempat kejadian perkara) kami berhasil menyita beberapa bukti berupa 3 unit mobil, tabung gas LPG 3 kilogram sebanyak 419, dan tabung 12 kilogram sebanyak 114 tabung, kemudian tabung gas 5,5 kilogram sebanyak 70 tabung, serta jutaan rupiah uang tunai, kemudian alat segel tabung gas, dan alat untuk memindahkan isi gas," papar Kapolres.

Para pelaku menjalankan aksi ilegal menjual gas bersubsidi, dengan cara menyuntikannya ke tabung non subsidi, lebih kurang mencapai 39.000 tabung.

Baca Juga: Cuma Modal Izin Sekdes Pabrik Plastik di Karawang Beroperasi Timbulkan Dampak Bagi Warga

"Dari hasil perhitungan sementara, akibat aksi ilegal ini, negara dirugikan kurang lebih Rp 1,2 miliar," kata dia.

Halaman:

Editor: Dinda Syahara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X