• Rabu, 28 September 2022

Jadi Korban Haji Furoda, Bupati Cellica Nurrachadiana dan 28 Pejabat Karawang Gagal Berangkat Tahun Ini

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 16:06 WIB
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana usai membuka acara pemberian penghargaan CSR TJSLP di Swiss Bell Inn Karawang pada Selasa (14/12/2021) (rohendi/mahidara)
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana usai membuka acara pemberian penghargaan CSR TJSLP di Swiss Bell Inn Karawang pada Selasa (14/12/2021) (rohendi/mahidara)

MAHIDARA.COM, KARAWANG - Kasus haji furoda tak hanya menimpa masyarakat awam, ternyata beberapa pejabat hingga Bupati di Karawang, Jawa Barat, juga gagal berangkat ke tanah suci akibat kasus haji furoda.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana seharusnya berangkat pada kloter terakhir tanggal 2 Juli 2022. Namun, terkendala soal visa, sehingga dia urung berangkat.

Cellica juga membernakan kejadian tersebut, namun, ia enggan berbicara banyak terkait hal itu.

"Semua sudah ketetapan Allah, ngapain harus dipikiran," ujar Cellica melalui pesan tertulis, Sabtu, 9 Juli 2022.

Baca Juga: Si Kecil Sulit Makan Sayur? Ini Bahan dan Cara Membuat Bola-bola Roti Bayam

Untuk diketahui, haji furoda atau disebut juga haji mujamalah, adalah haji yang visanya diperoleh dari undangan pemerintah Arab Saudi.

Vsa jemaah haji furoda di luar kuota visa haji yang telah dijatahkan ke Kemenag RI. Oleh karenanya, jemaah haji furoda disebut juga haji nonkuota.

Layanan haji jalur furoda atau haji mandiri umumnya dikelola oleh yayasan yang memiliki afiliasi dengan pemerintah Arab Saudi. Layanan haji furoda juga bisa diselenggarakan perorangan.

Tak hanya dialami oleh Bupati Karawang, nasib serupa juga Diduga menimpa 28 warga Karawang yang di antaranya, beberapa orang pejabat di Karawang.

Halaman:

Editor: Dinda Syahara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X