• Kamis, 1 Desember 2022

Merasa Terkepung, Puluhan Tentara Ukraina Menyerah Sukarela Pada Pasukan Rusia

- Minggu, 26 Juni 2022 | 19:56 WIB
Pejuang Ukraina menyerah kepada pasukan Rusia di pabrik baja Azovstal di Mariupol. (Russia’s Defense Ministry)
Pejuang Ukraina menyerah kepada pasukan Rusia di pabrik baja Azovstal di Mariupol. (Russia’s Defense Ministry)

MAHIDARA.COM - Ribuan tentara Ukraina yang terkepung di wilayah Severodonetsk, akhirnya secara sukarela menyerah kepada militer Rusia.

Tercatat ada 41 tentara Ukraina yang memilih mengangkat bendera putih, dibanding harus kehilangan nyawa dibunuh pasukan militer Rusia.

Diketahui sebelumya, ada ribuan tentara Ukraina dari empat batalyon tempur yang terpojok di daerah Gorskoye dan Zolotoye, setelah melewati pertempuran lebih dari 24 jam terakhir, sejak Kamis 23 Juni 2022.

Kabar mundurnya pasukan militer Ukraina dikonfirmasi langsung oleh Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Letnan Jenderal Igor Konashenkov. Menurut Konashenkov, ada sekitar 2.000 tentara Ukraina yang terjebak di Gorskoye dan Zolotoye.

Baca Juga: Jelang KTT G7, Ibu Kota Ukraina Dibombardir Militer Rusia, Negara Eropa Pertimbangkan Sanksi

Diungkap Konashenkov, ada sekitar 1.800 tentara organik Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU), 120 orang milisi sayap kanan Neo-Nazi, dan 80 orang tentara bayaran asing.

Dalam kondisi terperangkap tanpa pasokan logistik dan amunisi, hampir bisa dipastikan mustahil bagi militer Ukraina untuk bisa menghadapi serangan Rusia. Oleh sebab itu, dari ribuan tentara Ukraina ada 41 orang yang lebih memilih untuk menyerah.

"41 tentara Ukraina telah secara sukarela menyerah di daerah itu dalam 24 terakhir, setelah berjam-jam sendiriam," ucap Konashenkov dikutip dari Kantor Berita Rusia, TASS.

Puluhan tentara Ukraina yang menjadi tawanan perang ini memberikan informasi secara cuma-cuma kepada militer Rusia. Mereka membongkar fakta bahwa pasukan Ukraina yang terpojok sudah kehabisan pasokan senjata, amunisi dan bahan bakar.

Halaman:

Editor: Irvan maulana

Sumber: TASS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X