• Rabu, 18 Mei 2022

Gempabumi di Banten, BMKG Sebut Ada 5 Kali Gempa Susulan, Namun Tak Berpotensi Tsunami

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 06:00 WIB
Tangkapan layar Konferensi pers BMKG di Jakarta, Jumat (14/1/2022) perihal gempa bumi magnitudo 6,6 di wilayah Banten, ( FOTO ANTARA/Asep Firmansyah/Youtube-Info BMKG)
Tangkapan layar Konferensi pers BMKG di Jakarta, Jumat (14/1/2022) perihal gempa bumi magnitudo 6,6 di wilayah Banten, ( FOTO ANTARA/Asep Firmansyah/Youtube-Info BMKG)

MAHIDARA.COM - Gempabumi berkekuatan 6.7 magnitudo mengguncang Banten dan sekitarnya. BMKG menyatakan gempabumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempabumi terjadi pada Jumat, 14 Januari 2022 pukul 16.05 WIB. Pusat gempa berada pada 7.01 Lintas Selatan 105.26 Bujur Timur.

Gempabumi berlokasi di 52 kilometer Barat Daya Sumur, Pandeglang, Banten dengan kedalaman awal 10 kilometer.

Update terbaru gempa yang mengguncang Banten, dan sejumlah wilayah di bagian barat pulau Jawa berkekuatan 6.6 Magnitudo dengan kedalaman hampir 40 kilometer.

Baca Juga: Gempabumi 6.7 Magnitudo di Banten, Warga di Tanggerang Selatan Berhamburan Keluar Gedung Sekolah dan Mall

BMKG dalam rilisnya mengatakan, Gempa yang dirasakan kali ini merupakan jenis gempabumi dangkal, akibat adanya aktivitas subduksi antar lempeng kerak bumi.

Gempa paling kuat dirasakan di wilayah Cikeusik, dan Panimbang dengan intensitas getaran VI MMI.

Intensitas getaran Gempa dirasakan oleh semua masyarakat, bahkan membuat orang panik hingga berlarian.

Getaran gempa terasa hingga wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan intensitas getaran II sampai III MMI, yaitu getaran dapat dirasakan secara nyata di dalam rumah seperti ketika ada truk besar berlalu.

Halaman:

Editor: Irvan maulana

Sumber: BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X